Saturday, July 13, 2013

Langkah Tepat untuk Menaikkan Berat Badan

Menaikkan berat Menaikkan berat
Kelebihan maupun kekurangan berat badan sama-sama merupakan masalah bagi banyak orang. Kelebihan berat badan (overweight) banyak menimbulkan masalah kesehatan seperti diabetes, kanker, jantung, dan lainnya.
Sedangkan kekurangan berat badan (underweight) lebih berdampak dalam hal penampilan yang terlihat kurang macho bagi pria. Nah, bagi Anda yang memiliki badan kurus dan ingin menaikkan berat badan secara efektif ada beberapa hal yang perlu dilakukan.
Dan berikut merupakan beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan Anda menjadi lebih ideal dan enak dilihat.

Mengonsumsi Makanan Padat Energi

Bagi Anda yang kurus dan ingin menaikkan berat badan, ada baiknya mengonsumsi makanan yang padat energi. Anda dapat memilih makanan yang mengandung kalori tinggi dari tiap kelompok makanan seperti susu kocok dibandingkan dengan susu bebas lemak, mengonsumsi salmon dibandingkan kakap, memilih alpukat dibandingkan mentimun, atau secangkir jus anggur dan bukan apel kecil.
Lemak ini mengandung dua kali lebih banyak kalori per sendok tehnya dibandingkan dengan gula. Memang, banyak mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan tinggi kalori akan banyak menimbulkan masalah kesehatan bagi banyak orang-terlebih mereka yang memiliki berat badan berlebih-namun makanan tersebut justru penting bagi orang yang berbadan kurus.
Orang kurus dapat memperoleh tambahan kalori dari lemak dengan mengonsumsi makanan bergizi. Namun, tetap perlu diperhatikan porsinya sebab apapun itu, jika berlebihan, pasti menyebabkan masalah.

Makan dalam Porsi Besar

Manusia untuk menunjang kehidupannya tentu perlu makan. Orang kurus relatif lebih sedikit makannya dibandingkan dengan orang yang obesitas. Untuk menaikkan berat badan, Anda harus banyak makan atau meningkatkan porsi makan dari biasanya.
Kalau tidak bisa langsung dalam porsi yang besar, bisa “dicicil” dengan porsi standar dimana biasa dilakukan namun dalam intensitas yang sering. Misalnya, kalau biasanya dalam sehari Anda makan 3 kali, ketika ingin menaikkan berat badan Anda harus menambahnya menjadi 5-6 kali sehari dengan porsi yang standar tadi.

Makanan Selingan

Selain banyak makan (baik dalam hal porsi maupun intensitasnya) Anda juga bisa menambahnya dengan memakan snack. Makan snack diantara waktu makan secara rutin akan sangat membantu menambah berat badan Anda.
Makanya orang yang memiliki berat badan berlebih justru cenderung menghindari banyak memakan snack karena akan semakin menambah bobot tubuhnya lebih besar lagi.
Selain memakan snack, Anda juga harus banyak memakan buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian yang dimaksudkan untuk menambah kalori. Banyak meminum jus (terutama jus alpukat) dan susu sangat efektif untuk meningkatkan asupan energi.
Banyak ahli kesehatan yang merekomendasikan untuk banyak mengonsumsi  makanan yang tinggi protein atau tinggi kalori untuk membantu meningkatkan berat badan.

Melakukan Olahraga

Selain banyak mengonsumsi makanan yang tinggi kalori, protein, dan lemak tak jenuh, Anda juga harus banyak berolahraga. Pergi ke gym secara rutin merupakan salah satu olahraga yang harus Anda lakukan untuk membentuk dan mengembangkan otot-otot di tubuh Anda.
Asupan nutrisi yang cukup yang dibarengi dengan olahraga secara rutin akan membantu menambah berat badan Anda secara sehat karena yang bertambah ialah massa otot bukan timbunan lemak berbahaya.
Tips-tips di atas kalau dilakukan secara konsisten maka bukan mustahil akan membantu menaikkan berat badan Anda secara signifikan. Banyak orang yang mengatakan bahwa lebih mudah menaikkan berat badan dibandingkan menurunkan berat badan.
Namun “lebih mudah” itu akan menjadi sia-sia kalau Anda yang kurus dan ingin menaikkan berat badan tak memiliki keinginan yang kuat untuk mewujudkannya.

No comments:

Post a Comment